Trik Foto Produk Jualan Online Agar Pembeli Tertarik

Gimana sih cara membuat pembeli tertarik dengan dagangan kita? Caranya ialah buat foto jadi menarik. Simak trik foto produk jualan online.

Tak dapat dipungkiri, foto produk merupakan salah satu nilai jual dari produk yang akan kalian jual. Maka dari itu kamu harus melakukan trik foto produk jualan online agar pembeli tertarik.

Jika kamu menggunakan media online untuk promosi produk, memajang foto produk yang menarik tentu konsumen akan lebih tertarik terhadap produk yang kamu jual. Ini merupakan salah satu faktor penting agar produk kamu laris manis di sosial media maupun marketplace.

Trik Memfoto produk jualan agar menarik

7 Trik Foto Produk Jualan Online Menjadi Menarik

Beberapa trik yang akan kami bahas bisa kamu lakukan menggunakan peralatan sederhana. Intinya kamu harus sekreaftif mungkin dalam memanfaatkan apa yang ada. Berikut trik dasar yang bisa kamu gunakan dalam mengambil foto produk.

Menentukan Tema

Hal pertama yang wajib kamu lakukan ialah menentukan tema. Ini bertujuan untuk menggambarkan ciri khas serta pesan yang disampaikan dalam foto produk.

Misalnya produk yang kamu jual berupa laptop, maka pendamping yang cocok adalah mouse serta peralatan pendukung lainnya. Untuk produk makanan, kamu bisa menggunakan elemen makanan/bumbu untuk mendampingi makanan utama yang kamu jual.

Mempersiapkan Background

Setelah menentukan tema apa yang kamu ingin buat, tahap selanjutnya mempersiapkan background. Disini kamu tidak perlu menggunakan studio besar hanya untuk mengambil sebuah foto. Kamu bisa menggunakan peralatan sederhana serta ruangan kosong untuk dijadikan studio mini.

Kami sarankan kamu menggunakan warna yang tidak terlalu mencolok, kamu bisa menggunakan warna putih atau cream untuk background.

Kalau untuk produk kecil seperti pakaian ataupun gadget, kamu bisa menggunakan meja sebagai background serta media pemotretan kamu.

Dan untuk produk yang mengharuskan penggunaan model, kamu bisa menggunakan kain yang ditempel pada dinding, atau menggunakan dinding yang sekiranya cocok dan kontras dengan produk kamu.

Penggunaan Model

Ilustrasi Foto Model
Ilustrasi model professional Foto: Freepik

Sebenarnya penggunaan model untuk barang-barang yang kecil seperti gadget, kamu tidak memerlukan model. Akan tetapi jika produk kamu berupa fashion, tentu ini bisa jadi nilai lebih apabila menggunakan model.

Menggunakan model bisa dipastikan menjadi daya tarik lebih terhadap produk kamu. Dan alhasil konsumen akan terfokus pada produk yang kamu jual.

Tapi menggunakan model sudah pasti membutuhkan budget untuk menyewa model. Namun, sebagai pengganti model professional, kamu bisa meminta bantuan terhadap keluarga, teman, ataupun pacar untuk menjadi model dadakan pada produk kamu.

Mengatur Pencahayaan

Pencahayaan merupakan faktor penting yang tidak boleh kamu lewatkan dalam pengambilan gambar. Dengan pencahayaan yang baik, hasil jepretanmu tentu akan menjadi bagus.

Untuk pencahayaan pada ruangan, kamu bisa menggunakan cahaya dari lampu ruangan yang terang, apabila lampu yang digunakan kurang terang, kamu bisa membeli ring light atau LED video lighting yang murah di marketplace.

Atau kamu juga bisa menggunakan cahaya alami seperti matahari dengan cara mengambil foto di ruangan terbuka, tentu hasil pencahayaan dari matahari akan terlihat lebih natural serta elegan.

Menentukan Sudut Pandang / Angle

Menentukan sudut pandang akan menjadi nilai tambah pada hasil jepretanmu. Agar objek yang kamu incar semakin terlihat lebih menarik, kamu harus menentukan angle yang pas untuk foto produk kamu.

Misalkan foto produk kamu itu fashion, memilih angle depan, belakang, dan samping merupakan angle yang pas. Lain hal dengan produk makanan, mengambil angle dari sudut tersebut tidak akan menambah nilai jual produk. Dan yang pas untuk makanan ialah dari atas, sehingga objek makanan kamu akan terlihat lebih jelas dan lebih menarik perhatian pembeli.

Menghindari Zoom

Kenapa kamu harus menghindari penggunaan zoom? Karena dengan menggunakan zoom, foto yang dihasilkan akan terlihat kurang baik dan bahkan menjadi buruk. Apalagi alat yang kamu gunakan itu smartphone dengan kualitas kamera pas-pasan.

Alangkah lebih baik kamu mengambil foto dengan angle lebih dekat daripada menggunakan fitur zoom. Hasil dari zoom dengan pengambilan foto yang lebih dekat pasti akan berbeda (jika menggunakan smartphone), kamu bisa membandingkan hasilnya sendiri.

Mengedit Serta Menambahkan Watermark

Dan yang terakhir, untuk memaksimalkan hasil foto yang baik kamu harus mengedit foto yang kamu buat. Kamu bisa menggunakan aplikasi edit foto terbaik untuk melakukan hal tersebut.

Nah, untuk watermark sendiri di fungsikan agar foto kamu tidak sembarangan di ambil orang. Kamu bisa menambahkan nama brand atau nama kamu pada watermark.

Kesimpulan

Dari ke 7 trik foto produk jualan online agar pembeli tertarik ini semuanya tidak memerlukan budget yang besar, atau bisa saja tanpa mengeluarkan budget sedikitpun. Kamu hanya perlu menggunakan apa yang ada saja untuk meminimalisir pengeluaran kamu.

Hanya manusia biasa yang mencoba menjadi penulis.

Posting Komentar

© Glance Arena. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld